Pengetahuan Singkat Tentang Isi Box Panel Listrik

May 6, 2016Blog

Memahami isi box panel listrik tidak sesulit kelihatannya. Namun juga, tidak selalu mudah. Box panel listrik berfungsi sebagai penempatan semua peralatan listrik yang akan digunakan. Apabila Anda ingin mulai mengenali box panel listrik atau justru baru mendengar istilah ini, ada beberapa bagian umum sebagai permulaan.

 

Miniature Circuit Board (MCB)

MCB merupakan sakelar pembatas arus akibat naiknya daya atau tegangan yang melebihi batas dan/atau hubungan singkat. Bagian ini biasanya terbatas pada arus berjumlah kecil sampai dengan kurang dari 100 Ampere. Bentuknya ada yang satu pole (1 input, 1 output), dua, tiga, dan empat pole. Jumlah yang bervariasi ini menunjukkan bahwa pemakaiannya tergantung pada kebutuhan jalur kabel yang digunakan.

 

Moulded Case Circuit Breaker (MCCB)

MCCB berfungsi sebagai pemutus sirkuit power listrik subdistribusi. Arus operasionalnya mulai dari 100 sampai dengan 1600 Ampere. Di samping itu, MCCB memiliki kapasitas pemutus (breaking capacity) sebesar 20-100 Kiloampere. Bagian inilah yang membatasi arus apabila terjadi kelebihan batas arus beban.

 

Ground Fault Circuit Interrupter (GFCI) atau Residual Current Device (RCD)

Perangkat ini mematikan sirkuit daya listrik saat terjadi aliran melalui jalur yang tak seharusnya, semisal air atau kulit orang. Maka itu, GFCI mencegah kematian pada manusia yang terkena arus pendek alias tersetrum.

 

Grounding

Dapat juga disebut earthing. Dalam instalasi listrik, grounding merupakan pengaman listrik. Dengan adanya grounding, aliran arus listrik liar atau tak berfungsi akan dikebumikan (ditanam ke dalam bumi). Dengan demikian, manusia akan terhindar dari sengatan listrik berlebihan. Tanah atau bumi adalah titik referensi dalam sirkuit listrik, tempat tegangan (voltase) diukur. Sekaligus menjadi tempat kembali perputaran arus listrik atau hubungan langsung antara listrik dan bumi.

 

Warna Kabel

Anda mungkin pernah melihat perbedaan warna pada kabel-kabel, seperti merah, kuning, dan hijau. Pembedaan warna ini turut menandakan fungsi masing-masing. Warna kabel instalasi listrik sudah ditetapkan di beberapa negara. Menurut standar SNI atau IEC, yaitu:

  1. Warna merah, kuning, hitam untuk fase;
  2. Warna biru muda (biru laut) untuk netral;
  3. Warna kuning-hijau untuk ground.

 

Current Transformer (CT)

CT berbentuk cincin yang terbuat dari baja atau metal, tetapi dapat juga berbentuk persegi dengan lubang di tengah. Fungsi CT adalah menurunkan arus atau tegangan pada box panel.

 

Surge Arrester

Sesuai namanya, Surge Arrester ‘penangkal gelombang besar’ berupa peralatan pengaman listrik dari kejutan listrik berlebihan. Dengan kata lain, melindungi peralatan listrik Anda dari tegangan berlebihan yang diakibatkan oleh peristiwa eksternal (misal, petir) atau internal (misal, arus pendek).